Tips Belajar Agar Tidak Cepat Bosan

Tips Belajar Agar Tidak Cepat Bosan

0

Pernahkah kamu dalam belajar merasa bosan? Dalam memahami pelajaran terkadang  kamu merasa sangatlah bosan dan juga jenuh. Hal ini biasa terjadi ketika mengulang pelajaran yang sama setiap hari. Namun apabila tidak diulang maka kecenderungan dari kita adalah ingatan yang mudah lupa. Untuk itu agar tak mudah bosan haruslah diakali dengan beberapa cara berikut ini.

Tips belajar agar tidak cepat bosan yaitu:

Memberikan pulpen warna

Apabila Kamu merasa bosan dengan tulisan yang monoton hitam maka ada baiknya jika memberikan warna selain hitam pada bagian penting catatan. Dengan memberikan warna lain pada catatan kecenderungan kita adalah menjadi lebih bersemangat dalam membaca catatan tersebut berulang kali. Warnailah setiap paragraf yang menurut kamu penting untuk di hafal atau di ringkas agar tidak berantakan dalam membaca dan merangkum sebuah materi pelajaran.

Fokus dan efektif

Sebaiknya Kamu fokus pada pelajaran yang ingin diulang dan belajar secara efektif. Yang dimaksud dengan fokus dan efektif adalah tak perlu belajar lama. Namun yang terpenting adalah fokus jangan ada suara televisis atau radio saat belajar. Dan juga efektif mengenai lama belajar yang ditentukan misalnya saja tiga puluh menit. Tahukah kamu, karena dengan fokus kita bisa meraih kesuksesan. Coba lihat orang-orang yang sudah sukses disana, mereka selalu fokus dalam menggapai impiannya.

Menganti tempat belajar

Jangan hanya terpaku bahwa belajar harus dikamar dan juga meja belajar. Kamu dapat menggantinya sesuai dengan selera atau keinginanmu saat itu. Misalnya saja Kamu dapat belajar di taman, teras belakang atau pun di ruang makan. Tidak ada yang mematok bahwa belajar harus ditempat tertentu yang terpenting adalah kenyamanan saat belajar.

Itulah tips Belajar agar tidak mudah bosan, yang dapat saya sampaikan. Mungkin kamu juga bisa mencoba tips lain, asalkan kamu enjoy dalam belajar, agar tidak ada lagi kata bosan di saat kamu belajar.

 

Tips Belajar yang Efektif dan Menyenangkan

Remaja.org – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kalian sedikit Tips Belajar yang Efektif dan Menyenangkan. Tahukah kamu apa saja tips belajar yang efektif dan menyenangan? Saat akan menghadapi ujian pastilah kamu akan merasa belum siap untuk menghadapinya. Sehingga keinginan yang besar untuk mencontek soal ujian pun tak dapat terhindarkan mulai dari mencontek jawaban teman hingga mencontek didalam buku pelajaran.

Apabila benar pernyataan tadi maka mungkin salah satu faktor kamu belum siap ujian karena pola belajar yang tidak benar. Pola belajar sangat menentukan keberhasilan dalam menyerap pelajaran yang diajarkan disekolah.

Adapun tips belajar yang efektif dan menyenagkan yaitu:

1. Merangkum materi

Ada baiknya jika Kamu merangkum materi yang sudah diajarkan kedalam satu buku atau catatan khusus dan ulangi pada saat setelah istirahat siang hari. Dengan merangkum materi pelajaran yang diajarkan maka kamu akan lebih mudah ketika mengingat pelajaran yang telah diajarakan.

2. Aktif dan kreatif

Kamu sebaiknya jangan menunggu guru untuk mempersilahkan ketika pelajaran yang diajarkan kurang dipahami. Untuk hal yang lebih baik mengapa harus menundanya, sekiranya ada yang belum dipahami maka silahkan untuk bertanya langsung kepada guru.

3. Disiplin belajar

Belajar tak perlu menunggu waktu belajar dan juga lama dalam belajar. Yang terpenting adalah efektif dan juga rutin. Apabila belajar secara efektif dan rutin maka kamu akan mudah mengerti akan pelajaran yang diulang dan dipelajari.

Nah itulah sedikit tips dari saya, yang mana tips yang kamu gunakan? Apakah sudah benar-benar efektif dan menyenangkan? So, belajar yang rajin ya, karena kalian sebentar lagi akan menghadapi UN Nasional 2015. Persiapkan diri kamu dan raih nilai yang memuaskan agar bisa diterima di Universitas favorit mu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.