Ragam Jenis Jus Penurun Darah Tinggi

0

Menjaga tekanan darah bisa dilakukan secara alami melalui konsumsi buah-buahan dan sayuran. Hal ini membantu tubuh untuk lebih sehat tanpa konsumsi obat-obatan kimia yang berlebihan. Agar prosesnya lebih nyaman dan rasanya lebih enak, kamu bisa mencoba beragam jenis jus penurun darah tinggi berikut.

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa beberapa jenis buah-buahan terbukti ampuh membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara rutin. Beberapa kelompok senyawa bioaktif seperti flavonoid dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan ini terdapat dalam beberapa buah-buahan berries, sebagai contohnya.

Selain buah-buahan, beberapa jenis sayuran dapat memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik akan membantu menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi. Kandungan seperti potassium dan kumarin merupakan senyawa dalam beberapa jenis sayuran yang kita perlukan untuk membuat jus penurun darah tinggi.

Nah, apa saja buah-buahan dan sayuran yang bisa kita olah jadi jus penurun darah tinggi? Yuk intip beberapa pilihannya berikut ini!

1. Jus Kiwi

Jus kiwi
Kiwi, salah satu buah yang tepat diolah menjadi jus penurun darah tinggi (Foto: Shutterstock)

Dari sekian banyak buah-buahan yang dinilai efektif menurunkan tekanan darah, buah kiwi adalah yang paling sering disebut. Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health, mengonsumsi tiga buah kiwi dan satu buah apel per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Dua buah ini bisa jadi ide untuk membuat jus penurun darah tinggi yang lezat. Kamu bisa menggunakan blender atau pressed juicer. Agar seratnya tak terbuang dan cita rasanya lebih kental, kamu bisa memakai blender untuk membuat smoothie kiwi yang enak.

2. Jus Tomat

Selain kiwi, tomat juga populer sebagai bahan alami yang bisa menurunkan tekanan darah. Tak hanya memiliki rasa yang lebih tomat juga mudah ditemukan. Penelitian yang dilakukan oleh Tokyo Medical and Dental University serta Tucson Plant Breeding Institute menyimpulkan bahwa mengonsumsi jus tomat tanpa gula sepanjang tahun bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua orang penderita hipertensi yang mengikuti penelitian tersebut. Setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda. Meski begitu, tomat tetap disarankan oleh American Heart Association untuk dikonsumsi oleh para penderita hipertensi.

3. Jus Bit

Buah bit juga bisa diolah jadi jus penurun darah tinggi. Menurut Journal of Nutritions yang diterbitkan oleh Oxford Academy, kandungan nitrat pada buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara rutin.

Selain itu, jus bit juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Minumlah jus bit secara berkala untuk mendapatkan hasil maksimal, yuk, teman-teman!

4. Jus Seledri

Sayur seledri diolah menjadi jus penurun darah tinggi.
Siapa sangka kalau jus seledri dapat berkontribusi pada penurunan tekanan darah? (Foto: Shutterstock)

Jus seledri jadi salah satu jus yang hits di media sosial akhir-akhir ini. Banyak pengguna media sosial di Indonesia mengaku merasakan berbagai manfaat dari jus seledri. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan tekanan darah.

Seledri memiliki banyak kandungan manfaat seperti kumarin yang dapat menjaga keseimbangan air dan menurunkan teknan darah. Senyawa bioaktif phtalides dan antikoagulan juga bisa mencegah stroke.

5. Jus Wortel

Wortel sebagai jus penurun darah tinggi.
Wortel adalah salah satu sayuran yang cocok diolah menjadi jus penurun darah tinggi. (Foto: MAHI)

Wortel juga bisa diolah jadi jus penurun darah tinggi. Kandungan potasium-nya yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menyeimbangkan efek negatif dari garam. Potassium juga membantu kinerja ginjal dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan yang mengandung potassium akan membantu ginjal membuang kelebihan sodium melalui urin. Selain wortel, beberapa buah-buahan yang mengandung potassium adalah apricot, alpukat, jeruk, dan anggur.

6. Jus Stroberi

Buah berries seperti stroberi dan blueberry mengandung flavonoid yang diyakini dapat menurunkan tekanan darah. Buah-buahan segar ini bisa kamu olah untuk jus penurun darah tinggi yang enak.

Selain itu, flavonoid pada stoberi juga bermanfaat sebagai antioksidan, meredakan peradangan, dan menurunkan risiko serangan jantung. Selain buah berries, kandungan ini juga terdapat pada buah anggur.

Nah, keeenam buah dan sayur ini bisa kamu campurkan untuk membuat jus. Misalnya saja mencampurkan buah bit, wortel, dan seledri untuk jus penurun darah tinggi yang lezat. Selamat mencoba!

The post Ragam Jenis Jus Penurun Darah Tinggi appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.