Manfaatkan Berbagai Olahan dari Bawang Putih Berikut Ini

0

Bawang putih dan fleksibilitasnya dalam dunia masak memasak sangatlah luar biasa. Milyaran orang di dunia menyukai rasanya yang begitu kaya, namun tetap saja terkadang bahan ini disalahartikan sebagai sumber bau mulut. Tapi ketahuilah bahwasanya jenis bawang yang satu ini sungguh tidak tergantikan oleh apapun!

Nasi goreng khas Jepang dengan bawang putih.
Nasi goreng bawang putih, khas penutup makan seru teppanyaki! (Foto: Shutterstock)

Bayangkan ayam bakar dengan yang aromatik dan ditemani oleh bawang putih dan berbagai herba lainnya. Atau bayangkan juga nasi goreng bawang putih yang menjadi menu pamungkas saat kita menikmati teppanyaki. Apalagi ada ribuan resep tumisan lainnya dari seluruh dunia yang membutuhkan bahan hebat ini. Maka dari itu kenalilah bawang putih secara keseluruhan, karena bahan yang satu ini bisa kita manfaatkan dalam berbagai bentuknya!

1. Bawang putih utuh

Tak perlulah kita selalu mencincang bawang putih hingga halus. Karena selain merepotkan, bisa jadi kita terluka dibuatnya. Padahal penggunaan bawang putih bisa dengan cara bermacam-macam. Misalnya saja dalam bentuk satu siung utuh, kita bisa menggunakannya untuk memasak semur ataupun saus. Bila dimasak lama, maka bawang akan luruh dengan sendirinya.

Contoh lainnya seperti yang kita lihat di tukang nasi goreng. Bawang putih hanya dimemarkan dengan spatula dan siap untuk dimasak dalam menu tumisan. Kemudian untuk yang diparut, kita bisa menggunakannya sebagai dressing untuk salad. Sementara untuk yang diiris saja, maka pergunakanlah untuk menggoreng. Sungguh fleksibel!

2. Bawang putih goreng

Inilah dia penemuan terbaik umat manusia untuk dunia kuliner! Bawang putih yang diiris tipis dan digoreng renyah memiliki cita rasa yang luar biasa. Gunakan yang satu ini sebagai bahan taburan untuk sup ataupun macaroni. Ingin tahu cara yang lebih baik? Goreng sejenak bersama minyak agar menjadi aromatik dan jadikan minyak tersebut sebagai salah satu bahan untuk saus ataupun untuk membuat nasi goreng bawang putih yang super lezat!

3. Bawang putih bubuk

Bawang putih yang telah dikeringkan dan digiling memang begitu ajib, tapi tentu tidak ada yang mengalahkan rasa dari bentuknya yang asli. Gunakan versi ini dalam kondisi tertentu saja, misalnya ketika sedang membuat popcorn atau untuk membuat marinasi daging dalam bentuk bubuk. Secara prinsip, bumbu yang dikeringkan akan berkurang kekuatan rasanya seiring berjalannya waktu. Jadi bagi kamu yang punya bawang putih bubuk teronggok begitu saja sekian lama, maka Chef berwasiat pada kalain untuk segera mempergunakannya!

4. Garlic confit

Garlic confit yang dibuat dari bawang putih.
Garlic confit bisa tersaji untuk menemani sajian steak yang akan menambah kelezatannya! (Foto: Shutterstock)

Nah, inilah yang paling kekinian. Kalau kita sering melihatnya hanya di restoran, padahal sebetulnya mudah kok untuk dibuat di rumah. Caranya cukup dengan menyiapkan sekian belas siung bawang putih yang direndam bersama minyak zaitun serta daun thyme, rosemary, dan bay leaf segar dalam baki panggangan. Kemudian panggang selama kurang lebih satu jam hingga bawang putih menjadi lembut. Gunakan yang satu ini untuk membuat garlic bread, campuran kentang tumbuk, ataupun teman makan steak.

5. Bawang putih yang telah bertunas

Bisa jadi bawang putih yang sudah cukup berumur atau tidak disimpan secara baik maka akan bermunculanlah tunas-tunas hijau darinya. Sebetulnya ini masih aman untuk dipakai, hanya saja rasanya sudah menjadi lebih pahit. Bisa saja kamu menggunakannya, namun pastikan untuk memotong tunas-tunas ini terlebih dahulu. Kalau saya? Lebih baik beli yang baru saja!

Bagaimana tips-tips Chef soal bawang putih? Pastinya harus lebih membuatmu bersemangat dalam memasak. Jangan lupa untuk selalu cek berbagai resep dan artikel yang telah saya bagi di Masak Apa Hari Ini. Begitupun sekian banyak produk yang pastinya bakal membantumu untuk memasak. Sampai ketemu di cerita lainnya soal makanan!

The post Manfaatkan Berbagai Olahan dari Bawang Putih Berikut Ini appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.