Ketahui Cara Memadankan Jenis-Jenis Pasta dengan Sausnya yang Tepat

0

Hari gini, siapa yang tak kenal dengan jenis-jenis pasta dan berbagai sausnya? Makanan khas Italia ini populer hingga penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia sehingga banyak restoran yang menjualnya. Jenisnya juga macam-macam, mulai dari spaghetti, fetuccine, fusilli, dengan beragam jenis saus seperti carbonara, bolognese, hingga aglio e olio.

Selain hasilnya yang lezat dan beragam, membuat beraneka hidangan pasta juga rata-rata relatif mudah. Langkah-langkah mengolahnya tidak kompleks dan waktu yang dibutuhkan juga tidak terlalu lama. Tak heran, jika makanan dari negara yang populer dengan pemain sepakbolanya ini sering jadi pilihan untuk hidangan di rumah.

Meski membuat pasta tidak terlalu rumit, kamu perlu tahu padanan jenis-jenis pasta dan saus yang tepat. Sebenarnya ini bukan teori yang wajib, tapi tak ada salahnya kamu mengikuti kebiasaan orang Italia dalam memadukan pasta dan saus yang tepat.

Berikut adalah paduan jenis-jenis pasta dan saus yang bisa kamu praktikkan di rumah!

1. Spaghetti dan Saus Bolognese

Jenis-jenis pasta berupa spaghetti bolognese.
Siapa yang tidak mengenal hidangan yang sangat populer ini? (Foto: Shutterstock)

Pasta berjenis spaghetti dengan paduan saus bolognese adalah sajian yang paling familiar di Indonesia. Resep ini bahkan membuat banyak orang Indonesia menyebut semua jenis pasta sebagai spaghetti. Paduan lezatnya rasa bawang bombay, tomat, daging sapi, dan rempah lainnya pada saus bolognese jadi favorit seluruh dunia.

Padanan saus bolognese dan spaghetti memang lazim digunakan di negeri asalnya. Berbentuk mirip mie yang kita kenal sehari-hari, membuatnya cocok dipadukan dengan saus tomat segar. Saus bolognese yang berasal dari kota Bologna di Italia juga tetap bisa diaplikasikan pada jenis pasta turunan spaghetti seperti angel hair misalnya.

2. Fettuccine dan Saus Carbonara

Rasa gurih dari saus carbonara berasal dari paduan keju parmesan dan kuning telur. Saus bertekstur kental ini cocok disajikan dengan pasta berjenis fettuccine.

Dalam Bahasa Italia sendiri fettuccine memiliki arti pita kecil. Pasta fettuccine berbentuk panjang, pipih, dan lebih lebar dari spaghetti. Seolah ini mengingatkan orang Indonesia dengan kwetiau. Bentuknya yang lebih tebal dan lebar dinilai cocok disandingkan dengan saus yang kental atau creamy seperti carbonara.

3. Fusilli dan Saus Pesto

Jenis-jenis pasta pesto fusilli.
Saus pesto yang segar ini cocok berpadu dengan fusilli. (Foto: Shutterstock)

Saus pesto yang berwarna hijau sering dipadukan dengan pasta berjenis fusilli. Saus berwarna hijau ini merupakan gabungan dari olive, daun basil, dan kacang pinus (pine nut). Kata pesto sendiri ini berasal dari bahasa Italia, pestare yang berarti menumbuk dan memang pembuatannya dilakukan demikian.

Pasta fusilli yang berbentuk spiral, pendek, dan memiliki banyak ruang kecil di dalamnya dianggap cocok jadi paduan saus pesto. Pasta yang berasal dari Italia selatan ini juga kerap disajikan dengan saus tomat ataupun ikan tuna.

4. Spaghetti Aglio e Olio

Sepiring pasta spaghetti aglio e olio.
Rasa aglio e olio yang ringan justru makin ingin membuat tambah terus. (Foto: Shutterstock)

Satu lagi sajian pasta yang jadi favorit banyak orang, yaitu spaghetti aglio e olio. Untuk rasa pedas, orang Italia kadang menambahkan juga bubuk cabai kering atau chili flakes yang disebut dalam bahasa Italia sebagai peperoncino.

Bahan wajibnya adalah minyak zaitun dan bawang putih, sesuai dengan namanya. Tambahannya bisa berupa peterseli serta keju parmesan atau pecorino. Alternatifnya, kita juga bisa menggunakan pasta jenis fettuccine.

5. Fettuccine dan Saus Alfredo

Sepiring pasta fettuccine alfredo.
Saus alfredo wajib menggunakan keju parmesan. (Foto: Shutterstock)

Sekilas, saus alfredo mirip dengan carbonara. Perbedaannya, saus alfredo menggunakan mentega dan keju parmesan untuk menyelimuti permukaan pastanya. Untuk itu, jenis pasta yang digunakan juga serupa dengan carbonara, yaitu fettuccine. Hmmm, terbayang, kan, kelezatannya?

Selain pilihan klasik ini, Masak Apa Hari Ini sudah berbagi beberapa hidangan pasta seperti spaghetti dengan bumbu rendang, ayam goreng renyah, ataupun dendeng dan cabai hijau. Selamat mencoba!

The post Ketahui Cara Memadankan Jenis-Jenis Pasta dengan Sausnya yang Tepat appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.