Inilah Cara Membuat Sup Buah a la Hong Kong yang Sedang Viral!

0

Sup buah a la Hong Kong atau yang populer disebut dengan nama xi mi lu atau sai mao lou akhir-akhir ini sedang viral dan jadi topik hangat di kalangan foodie. Sudah pernah mencobanya?

Sejatinya xi mi lu adalah tapioca dessert asal dapur Kanton yang berbahan dasar santan dengan isian tapioca pearl atau bola-bola sagu. Semakin berkembang, dessert ini  juga dipadukan dengan susu evaporasi dan bahan isi lainnya. Misalnya seperti buah segar potong, buah kalengan, dan dessert olahan (jelly, puding, atau nata de coco).

Xi mi lu, dessert sup buah yang menggunakan tapioca pearl.
Tapioca pearl, bahan utama sup buah a la Hong Kong. (Foto: Shutterstock)

Sup buah xi mi lu versi lokal

Beberapa dessert Asia yang juga populer di negara tetangga seperti mango sago pearl dan taro pearl bisa jadi adalah leluhur kreasi sup tapioca pearl dingin ini. Xi mi lu juga mulai dikenal di kota-kota besar di Indonesia, seperti Medan, Pekanbaru, Batam, dan beberapa daerah lainnya.

Bedanya, versi lokal dibuat dengan variasi tambahan isi yang menarik seperti buah segar, dawet, atau cincau. Ada juga yang menghadirkan substitusi berupa krim atau susu evaporasi sebagai pengganti santan oleh para penjaja kuliner. Tampilannya yang colorful dan instagrammable membuat hidangan manis mirip sup buah ini mudah viral dengan banyak improvisasi bahan.

Karena xi mi lu sendiri hanya berbahan dasar saus santan manis dan tapioca pearl, jadi sah-sah saja jika kamu ingin menghadirkan yang beda. Tambahkan ragam buah favoritmu untuk paling mudahnya. 

Puding mangga dengan tapioca pearl.
Hidangan manis ini adalah salah satu yang bisa kamu ciptakan dari xi mi lu. (Foto: Shutterstock)

Cara membuat xi mi lu

Sebelum meracik xi mi lu versimu, tentukan apa saja yang ingin kamu jadikan sebagai bahan isi sup buah kekinian ini. Saranku, pilihlah buah terbaik yang kamu temukan saat berbelanja atau gunakan buah-buahan yang sedang musim. Untuk presentasi terbaik, pilihlah kombinasi isian berwarna kontras sehingga menghasilkan semangkuk sup buah yang menggugah selera.

Inilah resep sup buah a la Hong Kong atau xi mi lu yang bisa kamu coba sendiri:

Untuk: 3 porsi

Bahan:

  • 200 g buah nangga harum manis, potong kotak
  • 1 buah avokad, keruk isinya
  • 4 sdm sagu mutiara matang atau tapioca pearl
  • 3 sdm dawet
  • 50 g cincau atau puding cokelat atau coffee jelly
  • 3 buah leci kalengan
  • 350 ml santan kental
  • 75 g gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Didihkan santan, daun pandan, dan gula pasir di atas api kecil sambil terus diaduk. Angkat. Sisihkan hingga tidak panas.
  2. Penyajian: Siapkan mangkuk saji, masukkan es batu, saus santan, dan semua bahan isi. Sajikan.

Nah, mudah sekali, kan, meracik sago soup asal Hong Kong ini. Jangan ragu juga untuk mengganti santan dengan susu, krim, atau susu evaporasi sebagai kuahnya. Yuk, bikin es buah kekinian dan berbagai camilan manis lainnya dari Masak Apa Hari Ini seperti cendol ataupun bubur kacang hijau!

The post Inilah Cara Membuat Sup Buah a la Hong Kong yang Sedang Viral! appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.