Inilah Cara Membersihkan Talenan Sesuai Bahannya Agar Bebas dari Bakteri

0

Membersihkan talenan adalah salah satu hal penting di dapur demi memastikan bahan makanan terjaga higienis. Penting untuk diketahui bahwa talenan yang kotor bisa menjadi media pengantar bakteri dari satu bahan makanan ke bahan makanan lainnya.

Maka dari itu, rutin membersihkan talenan bisa mencegah kontaminasi silang dari penyebaran bakteri dari bahan mentah yang berpotensi menimbulkan keracunan makanan. Manfaat lain dari membersihkannya adalah membuat kualitas talenan bertahan lama.

Tapi, beda bahan talenan, beda juga cara membuatnya. Tidak sesulit yang dibayangkan, kok, selama kamu bisa membersihkan talenan di dapur dengan cara yang benar.

Simak cara mudah membersihkannya sesuai dengan jenis talenan berikut ini!

1. Membersihkan Talenan Kayu

Membersihkan talenan kayu tampak atas.
Ternyata membersihkan talenan kayu itu mudah, lho! (Foto: shutterstock)

Pori-pori alami yang terdapat pada kayu membuat talenan jenis ini menjadi sarana yang berkembangnya bakteri. Apalagi jika kamu menggunakan talenan kayu yang sama untuk berbagai macam bahan. Misalnya untuk memotong daging, ikan, kemudian bumbu dan sayuran.

Maka, bersihkan talenan kayu dengan merendamnya dalam air hangat yang telah dicampur dengan perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis. Diamkan selama 30 menit, lalu sikat talenan perlahan untuk menghilangkan kotoran atau noda yang menempel. Setelahnya bilas dengan air bersih yang mengalir dan keringkan dengan menepuk-nepuknya menggunakan tisu dapur.

2. Talenan Bambu

Talenan bambu memiliki kepadatan pori-pori yang lebih tinggi dibandingkan dengan talenan kayu sehingga tidak akan meninggalkan celah dari pisau. Cara membersihkannya pun lebih mudah yaitu dengan mencampur sabun cuci piring dengan cuka dan air sebagai cairan pembersih. Sikat perlahan dengan spons hingga talenan bersih.

3. Talenan Plastik

Talenan plastik dan bahan-bahan makanan.
Talenan plastik adalah alternatif yang lebih higienis daripada kayu. (Foto: Shutterstock)

Mayoritas terbuat dari bahan polyester yang tidak berpori-pori. Inilah mengapa talenan plastik relatif lebih mudah untuk dibersihkan dan lebih aman untuk digunakan. Kamu bisa membersihkannya dengan air sabun dan menggosoknya secara perlahan dengan spons.

Jika ada noda membandel yang menempel di talenan plastik, bersihkan dengan pasta yang terbuat dari campuran 1 sendok teh soda kue, 1 sendok teh garam, dan 1 sendok teh air. Baluri talenan dengan pasta sambil disikat perlahan menggunakan sabut besi. Bilas dengan air bersih kemudian keringkan secara alami.

4. Talenan Komposit

Terbuat dari material yang bisa bertahan di suhu 121 derajat Celsius, talenan komposit mudah dibersihkan secara manual maupun menggunakan dishwasher. Cukup membersihkannya dengan sabun khusus cuci piring, bilas talenan dengan air bersih dan keringkan.

Bagaimana, tidak sulit bukan membersihkan talenan di dapur? Selalu bersihkan talenanmu sesuai jenisnya, ya, agar tahan lama dan kesehatan keluarga terjaga. Cari tahu juga berbagai kiat lainnya dalam membersihkan kulkas, membersihkan cobek, atau menjaga kebersihan dapur secara umum di Masak Apa Hari Ini!

The post Inilah Cara Membersihkan Talenan Sesuai Bahannya Agar Bebas dari Bakteri appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.