Kebiasaan Buruk Kamu Yang Menyebabkan Jerawat Datang Lagi

0

Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Jerawat. Banyak orang yang mengeluhkan masalah jerawat, sehingga mereka berusaha untuk mencegah jerawat tersebut agar tak muncul. Tapi terkadang, ketakutan mereka malah bisa berdampak lebih buruk. Karena mereka melakukan perawatan yang berlebihan untuk berusaha mencegah jerawat tersebut. Sebenarnya jerawat dapat dihilngkan atau dihindari dengan beberapa perawatan sederhana seperti selalu menjaga kebersihan wajah. Akan tetapi langkah yang salah dalam membersihkanya, justru membuat jerawat lebih mudah timbul. Beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan jerawat sering kali dilakukan saat membersihkan wajah. Tanpa mereka sadari, kebiasaan buruk ini justru membuat resiko terkena jerawat lebih besar. Maka alangkah baiknya kamu mulai mengenali beberapa kebiasaan buruk tersebut dan mulai merubahnya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi info tentang beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan jerawat.

Terlalu Sering Mencuci wajah

Banyak orang berusaha selalu menjaga kebersihan wajah mereka untuk menghindari munculnya jerawat, salah satunya adalah dengan mencuci wajah. Tapi perlu kamu ketahui, mencuci wajah terlalu sering malah memiliki dampak yang kurang baik dan malah dapat memperburuk jerawat dan membuatnya semakin parah. Mencuci wajah demi menjaga kebersihan memang perlu, tapi usahakan sesuai aturan dan lakukan seperlunya. Waktu paling baik untuk mencuci wajah adalah pada pagi dan malam hari menjelang tidur.

Menggosok Wajah Terlalu Keras

Menggosok wajah memang menjadi salah satu cara paling efektif untuk membersihkan kulit. Baik membersihkan kulit dari keringat atau sehabis mencuci muka. Tapi adakalanya banyak orang yang memiliki kebiasaan buruk dengan menggosok wajah mereka terlalu keras menggunakan handuk, sapu tangan, tissue, atau alat lain dengan tujuan agar lebih bersih. Padahal anggapan mereka selama ini salah. Karena apa yang mereka lakukan justru dapat menyebabkan kulit iritasi dan dapat memperparah jerawat yang ada. Maka ada baiknya kebiasaan ini kamu ubah dengan menggunakan perbersih yang lembut tanpa sabun dengan dipadukan air suam-suam kuku untuk membersihkan permukaan wajah kamu.

Membiarkan Keringat Mengering

Salah satu kegiatan yang mungkin sering membuat kamu berkeringat adalah olahraga. Atau mungkin juga aktivitas lain yang menuntut kamu di area terbuka di bawah paparan sinar matahari. Maka sering kali keringat akan mengucur deras dari tubuh kamu, termasuk bagian wajah. Maka usahakan untuk membersihkan keringat tersebut sebelum mengering. Segera cuci muka kamu hingga bersih sebelum keringat tersebut mengering dengan sendirinya, karena akan menyebabkan kotoran dan debu mudah menempel dan menutup pori-pori kamu sehingga menimbulkan jerawat.

Memencet atau Memegang Jerawat

Jerawat terkadang memang bikin gereget dan terlalu menggoda untuk dipencet. Tapi apakah kamu juga tahu? Kegiatan ini justru membuat jerawat yang kamu alami semakin parah karena infeksi. Maka jangan sekali-kali memegang apalagi memencet jerawat yang kamu miliki, sebaiknya hindari kedua kebiasaan ini. Akan lebih baik jika kamu membiarkanya sembari menggunakan obat jerawat untuk membuat jerawat mengecil dan mengering dengan sendirinya.

Jarang Keramas

Selain bisa membuat kulit kepala berketombe, jarang keramas juga dapat menjadi sebab timbulnya jerawat. Alasanya adalah, minyak yang berlebih pada kulit kepala dapat mengalir ke wajah kamu bersama keringat. Apalagi jika aktivitas kamu mudah sekali menimbulkan keringat. Maka resiko jerawat juga akan semakin besar.

Penggunaan Produk Penata Rambut yang Kurang Hati-Hati

Berbagai produk penataan rambut biasanya memiliki bahan yang dapat berdampak pada penyumbatan pori-pori jika terkena wajah. Oleh karenanya, sebisa mungkin hindarkan wajah kamu dari terkena produk-produk penata rambut tersebut. Seperti mousse, gel, hair spray, dan produk-produk penata rambut lainya. Atau tutupi bagian wajah kamu agar tidak terkena produk tersebut ketika menggunakanya.

Makanan Berlemak dan Kosmetik yang Salah

Banyak yang bilang, mengkonsumsi makanan berlemak dapat memperburuk jerawat dan memperbesar resiko timbulnya jerawat. Oleh karenanya, sebaiknya kamu menghindari makanan yang memiliki banyak lemak dan menggantinya dengan menu makanan sehat. Bukan hanya itu, penggunaan kosmetik yang salah juga dapat memperbesar resiko jerawat. Seperti menggunakan produk kecantikan yang berbahan minyak. Karena produk ini dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga mudah berjerawat dan iritasi. Solusinya, sebaiknya gunakan kosmetik yang memiliki keterangan “Non-Comedogenic” pada kemasanya.

Semua kebiasaan di atas adalah kebiasaan buruk yang menyebabkan jerawat dan memperburuk jerawat yang sudah ada. Maka mulai sekarang jika kamu memiliki kebiasaan tersebut, ubahlah kebiasaan tersebut untuk mengatasi masalah jerawat yang kamu miliki serta mencegahnya datang kembali. Dan lagi, jika kamu dalam proses pengobatan jerawat, maka jangan sampai menghentikan pengobatan tersebut di tengah jalan. Sebaiknya lakukan hingga tuntas dan jerawat kamu sembuh. Karena jika kamu berhenti sebelum jerawat kamu hilang, maka hal tersebut hanya akan membuat masalah jerawat kamu bertambah semakin parah.

Bonus Tips

Wudhu Bisa Membuat Wajah Kamu Semakin Cerah Alami

image source elhooda.net

List di atas adalah kebiasaan buruk penyebab timbulnya jerawat, nah ini satu tips lagi yang bisa kamu lakukan, yaitu Berwudhu (bagi orang Islam), melakukan wudhu (keadaan tidak suci) tidak harus ingin melakukan sholat saja, tapi bisa kapanpun kita mau ketika kita dilarang melakukan sholat seperti saat kita dalam keadaan hadas kecil. Tahukah kamu ada sebagian orang yang langsung/selalu menyambung wudhunya ketika terkena salah satu hadas di atas, hebat ya. Semoga tips sederhana ini cukup membantu.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.