Cara Kerja Microwave Ternyata Tidak Hanya untuk Menghangatkan Makanan

0

Punya microwave di rumah, tapi hanya digunakan untuk menghangatkan makanan? Cara kerja microwave tak hanya itu, lho. Ada beberapa fungsi microwave yang bisa kita manfaatkan sehingga berbagai macam proses memasak jadi lebih mudah dan efisien, bahkan untuk hanya memasak telur.

Cara kerja microwave pada dasarnya adalah memancarkan radiasi gelombang mikro yang memproduksi panas sehingga makanan jadi hangat dan matang. Perbedaan jenis microwave terletak pada besarnya suhu yang disajikan. Misalnya convection microwave yang bisa mematangkan makanan lebih cepat dari microwave biasa.

Apakah aman memasak menggunakan microwave? Apakah daya panasnya tidak merusak makanan? Menurut penelitian di Universitas Sydney, Canberra dan Victoria, memasak menggunakan microwave tetap aman selama kita menggunakan wadah yang tepat.

Kita bisa berkreasi dengan microwave. Berbagai jenis makanan sederhana bisa dihasilkan dengan menggunakan microwave rumahan mulai dari telur rebus hingga kue kukus.

Yuk, intip cara kerja microwave berikut ini untuk kreasi dapurmu!

1. Merebus

Microwave bisa kita manfaatkan untuk merebus banyak makanan. Salah satunya adalah merebus telur. Caranya, masukkan telur utuh ke dalam mangkuk yang tahan panas. Kemudian, isi air ke dalam mangkuk dan tambahkan sedikit garam agar telur tidak meletup. Atur suhu microwave paling tinggi. Tunggu sekitar 12 menit sampai telur matang.

Selain merebus telur, microwave juga bisa digunakan untuk memasak mie instan. Caranya kurang lebih sama dengan proses merebus mie di kompor. Ingin tetap sehat? Kita juga bisa merebus sayuran seperti kol dan kentang di dalam microwave.

2. Menumis

Ingin memasak tumis sayuran? Yuk, coba menggunakan microwave! Ternyata cara kerja microwave dapat membantu proses menumis menjadi lebih praktis. Tapi, jangan lupa untuk memakai wadah anti panas, ya, untuk menumis makanan dalam microwave.

Caranya kurang lebih sama dengan merebus. Bedanya, kita tidak membubuhkan air terlalu banyak ke dalam wadah. Siapkan sayuran dan bumbu yang akan ditumis ke dalam wadah, lalu tutup rapat. Atur waktu sesuai dengan tingkat kematangan yang kita inginkan.

3. Memanggang

Paha ayam siap dipanggang di microwave
Ternyata, kita bisa, lho, memanggang ayam di microwave (Foto: Shutterstock)

Cara kerja microwave selanjutnya yang bisa kita manfaatkan adalah untuk memanggang. Misalnya saja untuk membuat ayam panggang. Caranya sendiri tidak terlalu berbeda dengan memanggang ayam di oven.

Pertama, kita perlu memarinasi ayam terlebih dahulu dengan bumbu sesuai selera. Kemudian bungkus ayam dengan aluminium foil. Simpan di dalam microwave dengan suhu dan waktu sesuai tingkat kematangan yang diinginkan. Bedanya, memanggang dengan microwave membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan oven.

4. Baking

Mug cake cokelat
Inilah contoh tampilan cake yang dibuat di microwave. (Foto: Shutterstock)

Bisa nggak, ya, untuk memanggang kue dengan menggunakan microwave? Jawabannya tentu bisa, tapi memang tidak berlaku untuk semua jenis kue. Beberapa jenis kue sederhana bisa dibuat menggunakan microwave seperti banana cake dan chocolate cake.

Namun tetap, ada banyak resep cake yang menggunakan microwave yang bisa kita pilih. Bahkan beberapa di antaranya hanya memerlukan gelas mug saja. Bahan-bahannya pun cenderung sederhana, hanya perlu bahan inti seperti telur sebagai perekat adonan.

5. Cara kerja microwave untuk menggoreng

Sudah pernah mencoba menggoreng makanan di microwave? Jika belum, tak ada salahnya mencoba. Memang tak semua makanan bisa digoreng menggunakan microwave. Salah satu makanan yang bisa digoreng dengan mengguankan alat masak modern ini adalah kerupuk!

Kerupuk khas Indonesia
Wah, rupanya kerupuk bisa digoreng di microwave, lho! (Foto: Shutterstock)

Kita bisa mengatur suhu tertinggi untuk menggoreng kerupuk di microwave. Tunggu sebentar sampai kerupuk mengembang, tapi jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa gosong. Hasilnya memang tidak persis seperti menggoreng di atas kompor, tapi kerupuk bebas minyak ini bisa kita nikmati juga.

Demikian cara kerja microwave selain menghangatkan makanan yang bisa kita coba. Kita juga bisa melihat berbagai resep masakan mudah menggunakan microwave di sini ya. Selamat berkreasi!

The post Cara Kerja Microwave Ternyata Tidak Hanya untuk Menghangatkan Makanan appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.