Agar Sukses Hasilnya, Mari Simak Cara Membuat Nasi Goreng Kekinian Berikut Ini!

0

Terkesan sepele, banyak orang yang tak mengetahui soal cara membuat nasi goreng yang benar agar sukses dan seenak di restoran. Padahal ada beberapa tips tertentu agar menghasilkan nasi goreng yang smokey, tidak menggumpal, dan juga merata bumbunya.

Memang, hidangan ini seolah tak pernah kehabisan variasi dan tak pernah kehilangan penggemar. Sederetan restoran kekinian selalu melibatkan menu nasi goreng dari versi klasik hingga unik sebagai salah satu menu andalannya. Misalnya saja nasi goreng kampung, nasi goreng sarden, nasi goreng kluwek, nasi goreng bakar, nasi goreng sambal matah, atau nasi goreng hamburger – yaitu nasi goreng yang disajikan bersama patty burger.

Agar sukses meracik nasi gorengnya, tentunya kamu wajib menguasai cara membuat nasi goreng yang tepat. Chef akan berbagi beberapa tips masak nasi goreng yang perlu kamu ketahui:

Gunakan nasi dingin

Untuk membuat nasi goreng, gunakan nasi dingin atau nasi yang sudah tidak panas lagi. Nasi yang dingin cenderung tidak basah sehingga saat ditumis, ia tidak akan basah dan menggumpal. Jika kamu menggunakan nasi yang semalaman disimpan dalam kulkas, biarkan sesaat hingga suhu dinginnya turun lalu mulai masak nasi bersama bumbunya.

Pilih juga nasi yang dimasak dari beras berbulir panjang dan tidak pulen sehingga takkan mudah menggumpal. Ingin lebih sehat? Kamu juga bisa meracik nasi goreng dari beras merah, beras hitam, atau beras cokelat.

Pakai wajan deep frying atau wok

Untuk mendapat aroma smokey dengan nasi yang terselimuti rata dengan bumbunya, gunakan wok yang panasnya rata dan juga bisa lebih leluasa dalam mengaduk. Pastikan suhu wok atau wajan benar-benar panas untuk mencegah nasi lengket saat dimasak.

Satu cara membuat nasi goreng yang baik adalah dengan menggunakan wok.
Gunakan beras berbulir panjang untuk memasak nasi goreng. (Foto: Shutterstock)

Gunakan bumbu tanpa air

Jika kamu ingin membuat nasi goreng dengan modifikasi bumbu yang tak biasa, usahakan bumbu halus yang digunakan tidak terlalu mengandung banyak air. Agar nasi gorengmu tak basah, kamu mesti menumis bumbu hingga kandungan airnya terserap habis sebelum dicampur bersama nasi.

Pakai sutil berbahan logam

Hindari menggunakan sutil berbahan kayu untuk mengaduk nasi goreng. Selain lebih kaku, bentuk sutil datar dan membuatmu tidak leluasa dalam mengaduk nasi goreng. Gunakan sutil berbahan logam yang biasa dipakai untuk menggoreng karena bentuknya yang mempermudah kamu untuk mengaduk beserta bumbu dan mendapat panas secara merata.

Selalu sajikan bersama pelengkap

Meski terdengar sepele, kamu pasti setuju kalau nasi goreng lebih mantap ketika disajikan bersama dengan pelengkapnya. Pilih pelengkap yang kamu suka – misalnya acar bawang, bawang merah goreng, kerupuk udang atau bawang, serta sayuran segar seperti mentimun dan selada yang menambah sedap seporsi nasi goreng!

Satu cara membuat nasi goreng lebih enak adalah dengan melengkapinya dengan kerupuk.
Aneka ragam kerupuk memang selalu sedap disajikan kapan pun. (Foto: Shutterstock)

Ingin lebih praktis? Ini saatnya kamu menggunakan Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Rendang untuk Nasi Goreng Rendang dan Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Cabe Hijau untuk menyajikan Nasi Goreng Cabe Hijau seenak di restoran. Setelah mengetahui cara membuat nasi goreng, yuk, kita segera memasaknya!

The post Agar Sukses Hasilnya, Mari Simak Cara Membuat Nasi Goreng Kekinian Berikut Ini! appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.