8 Langkah Cara Membersihkan Kulkas Rumahmu untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

0

Langkah-langkah cara membersihkan kulkas penting untuk diketahui agar prosesnya berjalan maksimal. Selain itu, kegiatan ini adalah agenda penting yang harus rutin dilakukan. Ini dikarenakan kulkas menyimpan makanan yang kita santap setiap hari. Apa jadinya jika kulkas kita kotor dan menyimpan banyak kuman? Tentunya akan berisiko terhadap kesehatan kita. Menjaga kebersihan kulkas berati menjaga kesehatan keluarga di rumah.

Namun, tak sedikit dari para ibu di rumah yang masih bingung dengan cara menguras kulkas. Ada beberapa langkah krusial yang sering dilewatkan. Bagaimana cara merawat dan membersihkan kulkas dengan benar? Simak langkah-langkah sederhana membersihkan kulkas berikut ini.

1. Melepaskan stop kontak

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menguras kulkas adalah melepas stop kontak. Setiap kulkas memiliki daya pendingin yang berbeda-beda ketika listrik mati. Namun, usahakan proses pembersihan kulkas tidak lebih dari dua jam agar kesegaran makanan tetap terjaga. Maka dari itu rencanakan terlebih dahulu penjadwalan pembersihan kulkas di rumah agar dapat dilakukan secara fokus.

2. Mengeluarkan semua makanan dan minuman

Agar makanan tetap higienis, sebaiknya seluruh makanan dikeluarkan dari kulkas. Untuk itu, langkah cara membersihkan kulkas yang ini sebaiknya dilakukan sebelum belanja bulanan atau ketika dalam keadaan kosong. Jika membersihkan kulkas dalam keadaan penuh makanan, prosesnya akan memakan waktu lebih lama. Ada pula resiko beberapa bahan makanan menurun kualitasnya karena terlalu terekspos suhu normal selama pembersihan.

3. Melepaskan laci dan rak kulkas

Cara membersihkan bagian rak kulkas.
Lepaskan terlebih dahulu bagian rak kulkas agar tidak rusak saat dibersihkan. (Foto: Shutterstock)

Untuk memudahkan proses pembersihan kulkas, bagian rak atau laci sebaiknya dilepas. Tidak semua kulkas memiliki bagian rak yang mudah untuk dilepas, untuk itu, lakukan dengan hati-hati agar tidak ada goresan atau kerusakan.

4. Rendam bagian laci dan rak yang telah dilepaskan

Sebelum mengelap bagian dalam kulkas, rak dan laci yang telah dilepas sebelumnya sebaiknya direndam dalam air hangat. Tambahkan cairan pembersih seperti pencuci piring anti bakteri atau bahan alami seperti campuran baking soda. Setelah direndam dan dibersihkan dengan spons pencuci piring, bilas hingga bersih dengan hati-hati.

5. Mengelap bagian dalam kulkas

Cara membersihkan bagian dalam kulkas.
Bagian dalam kulkas yang tidak bisa dilepas perlu juga untuk dibersihkan. (Foto: Shutterstock)

Hindari pemakaian deterjen untuk mengelap bagian dalam kulkas. Kita bisa menggunakan campuran air hangat dengan baking soda sebagai cairan pembersih. Jika ada noda membandel, ambil satu atau dua sendok teh baking soda lalu sikat menggunakan sikat gigi dengan halus hingga noda menghilang.

6. Tidak menggunakan air panas di bagian freezer

Cara membersihkan kulkas dengan bunga es.
Biarkan bunga es cair terlebih dahulu sebelum membersihkan kulkas. (Foto: Shutterstock)

Melelehkan bunga es di freezer dengan air hangat adalah ide yang buruk karena akan merusak kulkas. Jika ada bunga es di freezer, sebaiknya biarkan mencair dengan suhu ruang terlebih dahulu. Inilah pentingnya perencanaan agar bahan makanan yang tersisa di kulkas tidak menurun kualitasnya. Bahkan lebih baik dilakukan bila dilakukan sebelum belanja bulanan.

7. Memasukkan kembali makanan setelah kulkas dingin

Setelah kulkas bersih, jangan langsung memasukkan makanan ke dalamnya. Nyalakan kembali listriknya, dan biarkan kulkas mendingin dalam beberapa saat. Setelah dingin, masukkan kembali makanan dengan rapi.

8. Segarkan dengan perasan lemon

Agar kulkas tetap segar, kita bisa menuangkan perasan lemon di wadah terbuka lalu menyimpan di beberapa bagian kulkas. Ganti perasan lemon setiap dua hari sekali untuk hasil maksimal.


Setelah selesai dengan cara membersihkan kulkas, waktunya juga membersihkan berbagai peralatan dapur lainnya. Simak cara membersihkan cobek batu, bak cucian piring, hingga kerak pada panci-panci di Masak Apa Hari Ini!

The post 8 Langkah Cara Membersihkan Kulkas Rumahmu untuk Menjaga Kesehatan Keluarga appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.