7 Manfaat Jus Buah Naga dan Inspirasi Olahannya

0

Manfaat jus buah naga sebagai salah satu buah favorit yang menyegarkan ternyata bukan hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga sangat berguna untuk merawat kecantikan. Selain harganya yang kini terjangkau, buah naga juga relatif mudah ditemukan di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, kita coba bahas berbagai manfaatnya serta inspirasi olahannya yang bisa dicoba di rumah!

Manfaat jus buah naga

Jus buah naga dan potongan buah naga bersanding di atas meja.
Kesegaran jus buah naga memiliki banyak manfaat untuk badan kita. (Foto: Shutterstock)

Apa saja manfaat jus buah naga yang bisa kita rasakan jika rutin mengonsumsinya? Lalu apa saja yang bisa dikreasikan dari buah yang mengandung banyak air ini? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Mencegah penuaan dini

Buah naga kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Buah naga juga mengandung fosfor yang membantu regenerasi sel-sel dalam tubuh.

2. Menghidrasi kulit

Buah naga memiliki kandungan air yang tinggi. Untuk itu, jus buah naga bermanfaat untuk menghidrasi kulit dan tubuh kita. Kulit yang terhidrasi akan menghindarkan kita dari kerutan hingga kantung mata. Kulit yang terhidrasi dengan baik juga akan membantu kontrol sebum atau minyak.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat jus buah naga selanjutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah naga kaya akan vitamin C yang membantu kinerja limfosit dalam tubuh. Limfosit yang merupakan jenis sel darah putih akan membantu tubuh melawan bakteri dan virus.

4. Mengurangi risiko kanker

Buah naga juga memiliki kandungan karoten yang bisa membantu mengurangi jumlah tumor. Menurut penelitian, kandungan likopen pada buah naga merah juga bisa mengurangi risiko kanker prostat.

5. Mencegah anemia

Sesuai dengan warnanya yang merah, buah naga juga bisa membantu mencegah penyakit kekurangan darah. Hal ini karena kandungan zat besinya yang meningkatkan kadar haemoglobin dalam tubuh, sehingga bisa mencegah dan mengobati anemia.

6. Mengontrol gula darah

Buah naga bisa membantu mengontrol gula darah karena kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan vitamin B3, atau populernya disebut niacin, bisa mengurangi gula darah. Pilihan yang baik untuk yang memiliki diabetes tipe 2.

7. Menjaga kesehatan mata dan gigi

Rutin meminum jus buah naga juga bisa membuat kesehatan mata dan gigi terjaga. Kandungan beta-karoten pada buah naga bisa mencegah katarak. Buah naga juga mengandung kalsium yang tinggi, sehingga bisa membuat email gigi tetap kuat.

Inspirasi olahan buah naga

Smoothie bowl buah dengan topping buah-buahan siap untuk dinikmati.
Smoothie bowl buah naga bisa dipadukan dengan macam-macam topping. (Foto: Shutterstock)

Selain punya banyak manfaat, buah naga juga bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis santapan segar. Ide olahan buah naga berikut ini bisa jadi inspirasimu.

1. Smoothie buah naga

Buah naga sangat cocok dibuat smoothie atau jus. Teksturnya yang lembut membuat buah naga tak sulit diencerkan. Kamu bisa menambahkan buah lain seperti pisang dan stroberi sebagai campuran smoothie buah naga.

2. Smoothie bowl buah naga

Selain dibuat jadi minuman, buah naga juga cocok disajikan dalam smoothie bowl. Makanan ini sedang hits di Indonesia beberapa waktu terakhir. Bedanya dengan smoothie biasa, buah naga yang telah di-blender dimasukkan ke dalam mangkuk dan disajikan dengan potongan buah dan kacang-kacangan. Topping yang populer adalah stroberi, kiwi, chia seeds, dan kacang almond.

3. Salad buah naga

Buah naga yang segar juga bisa dibuat sebagai salad. Padukan potongan buah naga dengan beberapa jenis buah lain, misalnya mangga, pepaya, atau kiwi. Beri perasan jeruk lemon dan madu sebagai dressing-nya atau puree buah naga.

Sebagai buah yang menyegarkan dan kaya nutrisi, kini bukan hanya manfaat jus buah naga saja yang bisa kamu nikmati, tetapi juga sajian olahan lainnya yang tak kalah memanjakan lidah dan merawat kecantikanmu.

The post 7 Manfaat Jus Buah Naga dan Inspirasi Olahannya appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.