6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Kita Sehari-hari

0

Selain menyegarkan dahaga, manfaat air kelapa masih banyak lagi untuk tubuh kita. Ada banyak penelitian yang mengungkap manfaatnya untuk kesehatan hingga kecantikan kulit. Namun untuk mendapatkan segala manfaat itu, perlu tentunya meminum air kelapa secara rutin. Ada beberapa waktu yang tepat untuk mengonsumsi air kelapa, seperti di pagi hari sebelum sarapan, sebelum atau sesudah olahraga, dan sebelum tidur.

Di Indonesia, air kelapa cukup mudah dan murah ditemukan. Kita bisa membelinya di pasar tradisional, supermarket, bahkan di warung pinggir jalan. Nah, apa saja manfaat air kelapa untuk kesehatan jika kita meminumnya secara rutin? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Manfaat air kelapa dalam menghidrasi tubuh

Tubuh memerlukan cairan yang cukup banyak agar organ-organ dapat berfungsi dengan baik. Ion pada air kelapa dapat menggantikan elektrolit tubuh yang terbuang dalam keringat maupun urin. Air kelapa merupakan isotonik alami yang memiliki keseimbangan elektrolit yang sama dengan darah kita.

2. Membantu metabolisme tubuh

Jika tubuh sudah terhidrasi dengan baik, proses metabolisme akan berjalan dengan lebih lancar. Intinya, semakin baik metabolisme tubuh, semakin banyak lemak yang bisa dibakar. Jika kita konsisten menghidrasi tubuh dan memperbaiki metabolisme, maka tentu kita bisa mencegah kegemukan. Dengan mengonsumsi secara rutin namun tidak berlebih, maka ujaran ‘bye-bye lemak’ bukan lagi hanya cita-cita belaka.

3. Membantu proses diet

Manfaat air kelapa untuk diet.
Air kelapa adalah pilihan tepat untuk mendukung program dietmu. (Foto: Shutterstock)

Nah, siapa yang punya target menurunkan berat badan? Air kelapa memberikan rasa kenyang, padahal kandungan karbohidratnya relatif sedikit. Selain itu, air kelapa juga tidak mengandung lemak dan kolesterol sehingga cocok untuk membantu proses diet dan detoksifikasi tubuh.

4. Mencegah gangguan pencernaan

Air kelapa memiliki enzim alami yang membantu proses pencernaan makanan. Kita bisa meminum segelas air kelapa jika mengalami masalah pencernaan, seperti diare. Kandungan elektrolit dalam air kelapa juga bisa mengganti cairan tubuh yang terbuang karena diare.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air kelapa mengandung asam laurat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Berbagai kandungan bermanfaat lainnya dari air kelapa adalah fitohormon, sitokinin, kinetin, trans-zeatin yang memiliki sifat anti-bakteri, anti-aging, bahkan anti-kanker.

6. Membantu mengatur tekanan darah

Manfaat air kelapa untuk tekanan darah.
Konsumsi air kelapa dapat membantu meregulasi tekanan darah. (Foto: Shutterstock)

Air kelapa juga bisa menjadi obat bagi penderita hipertensi. Kandungan kalium, magnesium, dan vitamin C pada air kelapa muda dapat membantu tubuh meregulasi tekanan darah. Sejumlah penelitian menunjukkan air kelapa bisa membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, jika diminum secara rutin.

Tentunya belum cukup hingga di situ saja dong enam kegunaan yang hebat bicara soal air kelapa. Olahannya seperti santan bahkan setidaknya memiliki dan bisa dimanfaatkan untuk membuat 7 resep rendang. Nah, bagaimana? Sudah siap untuk mereguk segudang manfaat air yang diproduksi dari salah satu jenis superfood ini?

The post 6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Kita Sehari-hari appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.