5 Trik Memanggang Tanpa Oven yang Harus Kamu Tahu

0

Memanggang makanan tak harus selalu memakai oven. Kita bisa berinovasi dan bereksplorasi dengan peralatan dapur yang ada. Beberapa makanan yang biasanya dipanggang dengan oven seperti macaroni schotel, brownies hingga roasted chicken juga bisa lho dimasak tanpa oven.

Bagaimana ya caranya? Kali ini, kita akan berbagi 5 trik memanggang tanpa oven yang bisa kamu lakukan di rumah. Yuk, simak alat-alat yang bisa kamu gunakan berikut ini!

1. Wajan Antilengket

Wajan antilengket sebagai substitusi dari oven.
Gunakan wajan antilengket sebagai pengganti oven. (Foto: Shutterstock)

Cara paling sederhana memanggang tanpa oven adalah dengan menggunakan wajan anti lengket. Beberapa makanan seperti roasted potato, pizza a la anak kosan, bahkan sayap ayam panggang bisa dimasak menggunakan wajan.

Sebelum dipanggang, makanan sebaiknya diolah terlebih dahulu. Misalnya, jika kita ingin memasak roasted potato, maka sebaiknya kita rebus dulu kentangnya hingga matang lalu dibumbui dengan Royco Kaldu Ayam. Kemudian, panggang di atas wajan anti lengket dengan sedikit minyak hingga kulitnya berubah kecokelatan.

2. Double Pan

Ingin membuat roasted chicken yang juicy? Coba gunakan double pan atau wajan dua sisi yang bisa ditutup. Dengan bentuk yang tertutup, uap air akan tertahan dan menghasilkan panas yang akan membuat daging menjadi matang.

Agar hasil maksimal, memanggang dengan double pan harus menggunakan api yang kecil. Contohnya jika kita ingin membuat roasted chicken, langkah pertama adalah memarinasi ayam dalam satu malam. Kemudian bungkus ayam dengan aluminum foil dengan menambahkan beberapa rempah lalu panaskan dengan double pan memakai api yang kecil selama sekitar 30 menit – 1 jam.

3. Blow Torch

Blow torch sebagai pengganti oven.
Adalah ide yang bagus untuk berinvestasi membeli blow torch agar hidangan di rumah tampil memukau. (Foto: Shutterstock)

Blow torch juga bisa menggantikan oven untuk mematangkan makanan dalam waktu singkat. Bentuk blow torch berupa tabung gas kecil dengan penyemprot api di bagian ujungnya

Biasanya blow torch digunakan untuk melelehkan keju di atas makanan, melelehkan gula menjadi karamel, hingga membakar daging sehingga berwarna kecokelatan. Blow torch sangat cocok dipakai untuk makanan kekinian seperti salmon mentai dan martabak mozzarella. Satu alat yang sangat akrab kita lihat saat mengunjungi restoran sushi.

4. Rice Cooker

Rice cooker juga memiliki fungsi yang bervariasi, salah satunya menggantikan fungsi oven untuk makanan tertentu. Beberapa makanan yang bisa kamu hasilkan dengan rice cooker adalah macaroni schotel hingga brownies.

Namun, sedikit berbeda dengan oven, hasil memanggang dengan rice cooker cenderung lebih basah. Teksturnya juga menjadi lebih lembut dibandingkan makanan hasil dipanggang dengan oven. Untuk itu, makanan dengan teksur yang basah seperti macaroni schotel, cocok dimasak memakai rice cooker.

5. Panggangan Arang

Panggangan arang bisa menggantikan peranan oven.
Orang Indonesia pasti sudah akrab dengan alat masak yang satu ini! (Foto: Shutterstock)

Sebelum kita mengenal oven, panggangan arang sudah lebih dulu dipakai oleh nenek buyut kita. Kita juga bisa memakai cara klasik ini untuk memanggang makanan seperti ayam bakar atau steak daging.

Berbeda dengan oven yang memiliki panas merata, panggangan arang memberikan panas dari satu sisi saja. Suhunya juga lebih tinggi sehingga  membuat makanan memiliki efek ‘hangus’ dengan rasa yang khas.

Nah, ternyata banyak cara yang bisa kita pakai daripada berinvestasi membeli alat masak yang satu ini. Simpan dulu keinginanmu dan menabung terlebih dahulu, sementara kita bersenang-senang memasak dengan berbagai alat yang kita sudah miliki terlebih dahulu!

The post 5 Trik Memanggang Tanpa Oven yang Harus Kamu Tahu appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.