5 Masakan Ini Lebih Praktis Dimasak dalam Slow Cooker

0

Slow cooker jadi solusi untukmu yang ingin menjaga nutrisi makanan saat memasak. Berbentuk mirip rice cooker, fungsi alat masak ini rupanya sangat bervariasi. Mulai dari memasak bubur hingga mengempukkan daging, semua bisa dilakukan oleh alat canggih ini.

Sesuai dengan namanya, slow cooker adalah alat masak modern yang membutuhkan waktu lama untuk mematangkan makanan. Namun ini bukanlah sebuah kekurangan. Menggunakan suhu yang rendah, makanan yang dimasak dalam slow cooker diyakini dapat terjaga kualitas nutrisinya. Alat ini juga memiliki pengaturan waktu, sehingga para ibu di rumah tidak perlu takut masakan jadi gosong.

Makanan apa saja sih yang bisa kita buat? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Sup Buntut

Sop buntut lebih meresap bumbunya bila dimasak dengan menggunakan slow cooker.
Sup buntut kini populer dimasak menggunakan metode slow cooking. (Foto: Shutterstock)

Siapa yang bisa menghindar dari sup buntut yang empuk dan gurih? Kenikmatan sup buntut yang kamu kenal bisa kamu capai juga dengan memasak menggunakan alat ini. Cara pembuatannya pun lebih praktis!

Hal yang harus diperhatikan adalah waktu memasukkan bahan-bahan ke dalam slow cooker. Pertama, masukkan buntut sapi yang telah dibersihkan bersama tiga rempah inti yaitu pala, cengkih, dan kayu manis. Atur waktu selama 3-4 jam dalam suhu tinggi.

Kemudian, kita bisa masukkan bumbu lain yang telah ditumis sebelumnya. Dalam waktu yang sama, masukkan juga sayuran seperti wortel dan kentang. Jika sayuran sudah matang, sup buntut bisa segera disantap.

2. Sup Ayam Kampung

Hangat dan sehatnya sup ayam kampung juga bisa kamu buat dengan slow cooker. Caranya sangat mudah. Pertama, cuci ayam kampung hingga bersih. Lalu tumis bumbu secara terpisah.

Masukkan ayam dan bumbu ke dalamnya. Nyalakan pada temperatur tinggi selama 4-5 jam. Agar proses memasak lebih cepat, hindari buka tutup slow cooker karena akan ‘mengganggu’ suhu di dalamnya.

3. Bubur Ayam

Bubur ayam lengkap dengan topping dimasak dengan slow cooker.
Bubur ayam semakin nikmat bila dimasak dengan slow cooker. (Foto: Shutterstock)

Kangen bubur ayam rumahan? Tak perlu membuang waktu dengan mengaduk-aduk panci berisi beras dan air. Kamu bisa memasak bubur dengan lebih praktis menggunakan slow cooker.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, kita bisa membuat kaldu ayam terlebih dahulu secara terpisah. Selain kaldu, kita tumis bawang putih hingga kecokelatan. Kemudian, kita masukkan beras, kuah kaldu yang dibuat dari Royco Kaldu Ayam, tumis bawang putih, dan minyak wijen ke dalam slow cooker. Atur waktu sekitar 6-7 jam, selesai deh!

4. Iga Bakar

Kita juga bisa memasak iga bakar yang empuk nan legit menggunakan alat ini. Caranya tak jauh berbeda dengan membuat chicken drum stick. Pertama, marinasi iga dengan bumbu andalanmu selama satu malam.

Kemudian, masukkan iga ke dalam slow cooker. Atur suhu rendah dalam waktu 3-4 jam. Setelah benar-benar empuk, kita panggang iga di atas wajan hingga agak kering. Iga bakar legit pun siap disajikan!

5. Chicken Drum Stick

Chicken drum stick panggang yang lezat.
Panggang paha ayam yang telah dimasak dalam slow cooker agar memberikan rasa smoky yang menyenangkan. (Foto: Shutterstock)

Ingin mencoba makanan kekinian? Kamu juga bisa membuat chicken drum stick yang juicy memakai slow cooker. Caranya cukup mudah. Pertama, marinasi paha ayam dengan bumbu andalan seperti saus tiram, bawang putih, dan lada bubuk. Masukkan freezer selama 1-3 jam.

Setelah itu, kita masukkan paha ayam ke dalam slow cooker. Atur suhu rendah dengan waktu 5-6 jam. Kamu juga bisa mengaturnya dalam suhu tinggi selama 3-4 jam. Setelah matang, panggang sebentar ayam di atas wajan antilengket hingga kecokelatan. Chicken drum stick pun siap disantap!

Punya ide masakan-masakan lain yang cocok diolah dengan alat memasak yang satu ini? Waktunya untuk bereksperimen lebih banyak resep lainnya di dapur. Selamat mencoba!

The post 5 Masakan Ini Lebih Praktis Dimasak dalam Slow Cooker appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.