5 Inspirasi Masakan dari Jamur Enoki Untuk Hidangan Sehari-hari

0

Penyuka jamur crispy sudah pasti terbiasa dengan jamur enoki atau jamur tiram. Kedua jenis jamur ini adalah yang paling sering digunakan untuk membuat jamur crispy atau jamur goreng tepung. Jamur enoki berwarna putih dengan bentuk panjang dan tipis. Di supermarket, jamur enoki dijual dalam plastik kemasan kecil. Jika biasanya hanya digoreng dengan tepung, berikut adalah beberapa inspirasi masakan jamur enoki lainnya yang bisa kamu coba.

1. Jamur enoki gulung

Siapkan 200 g daging sapi yang diiris sangat tipis, kamu bisa mendapatkan daging dengan irisan tipis di dalam kemasan daging yang bertuliskan shabu-shabu. Gulung enoki dengan lembaran daging sapi. Sebelum digulung, bumbui daging dengan Royco Kaldu Sapi secara merata. Masak bersama sedikit minyak. Sesudahnya kamu bisa menyiramnya dengan saus kesukaan, misalnya saus teriyaki, saus lada hitam, atau saus asam manis.

2. Mie rebus atau mie goreng

Suka menyajikan mie rebus atau mie goreng sebagai menu darurat? Tambahkan jamur enoki ke dalam tumisan mie atau mie rebus. Jamur enoki bisa digunakan sebagai substitusi atau sayuran yang biasa terdapat pada mi rebus seperti sawi hijau atau kol.

Mie rebus dengan jamur enoki.
Masukkan enoki sesaat sebelum mie kuah diangkat. (Foto: Shutterstock)

3. Omelet Enoki

Masukkan enoki bersama bumbu tumis yang terdiri dari 1 siung bawang putih cincang, 1 sdm bawang bombay, dan 1 buah cabai iris. Tambahkan Royco Kaldu Ayam, masukkan 3 buah telur ayam kocok yang sudah dicampur bersama sedikit garam dan merica. Masak omelet dengan tingkat kematangan sesuai selera.

4. Tumis Tiga Jamur

Padukan jamur enoki bersama dua jenis jamur lainnya, seperti jamur tiram, jamur shimeji, jamur portobello, atau jamur merang. Tumis bersama bawang putih, Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Bumbu Rujak, dan bawang bombay iris.

5. Jamur Enoki Lada Garam

Prosesnya mirip seperti halnya membuatnya jamur crispy dengan tepung yang dibumbui Royco Kaldu Ayam. Tiriskan. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang daun, cabai iris, dan garam. Angkat. Taburi ke atas enoki goreng tepung.

Pilih jamur enoki yang batangnya masih menempel pada akar.
Jamur enoki segar, siap untuk diolah. (Foto: Shutterstock)

Sebagai tips, pilih jamur enoki yang masih segar ditandai dengan warnanya putih dengan batang masih menempel pada akar. Karena jamur-jamuran segar cenderung tak tahan lama, sebaiknya segera gunakan jamur enoki sesudah kamu membelinya. Yuk, kita masak jamur enoki!

The post 5 Inspirasi Masakan dari Jamur Enoki Untuk Hidangan Sehari-hari appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.