5 Cara Mengusir Lalat Secara Alami Agar Dapur Lebih Higienis

0

Dapur menjadi lokasi vital di rumah, karena dari tempat ini berbagai macam makanan dihidangkan. Kita semua paham bahwa dapur dan alat-alat masak yang tidak higienis bisa mengganggu kesehatan keluarga. Itulah mengapa membersihkan dapur pun harus diperhatikan, mulai dari cara mengelap meja hingga mengusir lalat.

Jika kita sering memasak resep daging-dagingan, lalat biasanya lebih sering datang. Binatang yang suka berada di tempat kotor ini bisa jadi membawa kuman. Untuk itu, mengusir lalat jadi sebuah kewajiban.

Kali ini, tim MAHI berbagi tips mengusir lalat secara alami. Menggunakan bahan alami akan meminimalisir bahan makanan dan alat dapur terkontaminasi bahan kimia. Ada beberapa rempah yang baunya tidak disukai lalat seperti pandan dan cengkih. Berikut adalah ulasannya!

Lalat hinggap di garpu pada makanan yang sedang dimakan.
Mengusir lalat bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di dapur. (Foto: Shutterstock)

1. Menjebak lalat dengan cuka apel

Cuka apel bisa digunakan sebagai perangkap lalat. Bau fermentasi cuka apel ini ternyata disukai lalat. Gunakan cuka apel sebagai umpan dengan cara menuangkan sedikit cuka apel pada botol bekas. Gunting bagian tengah botol sehingga membentuk gelas, kemudian tutup dengan kertas. Buat lubang pada kertas sehingga lalat bisa masuk dan terjebak dalam larutan cuka apel.

2. Mengusir lalat dengan daun pandan

Berbeda dengan cuka apel, wangi daun pandan tidak disukai lalat. Alih-alih menangkapnya, kita bisa menggunakannya untuk mengusir lalat di dapur. Iris tipis daun pandan dan taruh di piring kecil. Simpan piring di tempat-tempat yang sering dikerubungi lalat. Daun pandan yang masih segar dan wangi akan lebih efektif mencegah lalat datang.

3. Menggunakan cengkih dan jeruk lemon

Potongan lemon dengan cengkih di bagian tengah.
Paduan lemon dan cengkih dapat digunakan untuk mengusir lalat karena wanginya yang khas. (Foto: Shutterstock)

Wangi cengkih dan lemon juga tidak disukai lalat. Ada dua cara yang bisa dipilih. Pertama, potong lemon menjadi empat bagian. Kemudian, tancapkan 4-5 batang cengkih di bagian tengah lemon. Taruh di piring kecil dan simpan di tempat yang sering didatangi lalat.

Kedua, kita bisa menggunakan cengkihnya saja. Rendam cengkih dalam mangkuk berisi air. Simpan mangkuk tersebut di tempat yang sering dikerubungi lalat.

4. Mencampurkan kayu manis, bawang putih, dan bubuk cabai

Racikan pengusir lalat berikutnya adalah gabungan dari kayu manis, bawang putih, dan bubuk cabai. Ketiga rempah ini memiliki wangi yang kuat dan tidak disukai lalat. Kita bisa menggunakan kayu manis dan bawang putih bubuk, bisa juga memilih bawang putih dan kayu manis utuh. Simpan tiga rempah tersebut di piring kecil.

5. Mengusir lalat dengan tanaman khusus

Jika sebelumnya kita menggunakan rempah untuk mengusir lalat, kita juga bisa menggunakan tanaman yang masih bertumbuh. Beberapa tanaman yang tidak disukai lalat adalah lavender, daun mint, bunga marigold, daun kemangi, dan daun salam. Wangi dari tanaman ini membuat lalat enggan datang. Menyimpan pot kecil tanaman kemangi dan daun mint di dapur bisa mengusir lalat secara alami sekaligus membuat interior dapur terlihat lebih segar.


Demikian lima cara alami mengusir lalat di dapur. Namun, harus kita ingat bahwa menjaga kebersihan dapur tetaplah yang utama. Selalu simpan bahan makanan yang berpotensi bau anyir seperti daging di tempat khusus. Segera buang makanan yang sudah basi agar lalat tidak menghampiri. Selamat mencoba!

The post 5 Cara Mengusir Lalat Secara Alami Agar Dapur Lebih Higienis appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.