4 Cara Jitu untuk Masakan Tumis Anti Gagal

0

Masakan tumis selalu jadi satu motivasi utama untuk memulai petualangan di dapur. Ini dikarenakan menumis adalah teknik masak yang paling bisa diikuti siapapun, berbeda halnya dengan teknik masak lainnya yang lebih rumit. Namun tetap saja perlu untuk mengetahui seluk beluknya agar hasil masakan tumis maksimal. Untuk itu, Chef akan berbagi beberapa poin yang bisa kamu coba di rumah.

1. Pilih wajan terlebih dahulu

Wok khas Cina untuk masakan tumis.
Teknik stir-fry a la Oriental membutuhkan wok serta minyak yang tahan suhu tinggi. (Foto: Shutterstock)

Beruntung bagi kita yang tinggal di Asia dan terbiasa dengan kultur memasak menumis atau stir-frying. Sehingga biasanya kita sudah memiliki wok khas China. Tapi kalau ingin mencoba yang lain, carilah jenis wajan yang bundar dan agak dalam. Selain itu, lapisan bawah harus tebal sehingga kuat dan mampu menghantarkan panas tinggi.

2. Memilih minyak goreng yang tepat

Perkara minyak goreng untuk masakan tumis bisa berpengaruh pada hasil akhirnya. Sebagai contoh, masyarakat Indonesia biasanya memilih minyak goreng sawit untuk urusan tumis dan goreng. Pilihan yang tepat, karena minyak sawit tahan suhu tinggi dan dipakai untuk proses memasak yang agak panjang. Alternatif lainnya adalah minyak canola.

Lain halnya dengan minyak zaitun. Meskipun lebih sehat dan memberikan cita rasa yang lebih sedap, rupanya minyak zaitun kurang tepat dipakai untuk memasak pada wok bersuhu tinggi. Untuk lebih lengkapnya, yuk pelajari 4 jenis minyak yang wajib dimiliki di dapur semua orang.

3. Persiapkan bahan sebelum memasak

Persiapan bahan masakan tumis.
Memotong-motong sayuran dalam ukuran sejenis akan menjadikannya matang merata. (Foto: Shutterstock)

Wah, jangan sampai terjadi ceritanya ketika wajan dan minyak sudah panas tapi ternyata kita baru mempersiapkan bahan-bahannya. Kita pastikan dulu agar bahan telah dipotong-potong sesuai ukurannya dan siap untuk segera ditumis. Ini dikarenakan proses stir-frying yang menggunakan suhu tinggi biasanya hanya berlangsung beberapa menit saja.

Berikut adalah beberapa tips mempersiapkan bahan-bahan yang paling lazim digunakan:

  • Cincang halus bawang putih.
  • Potong-potong sayuran dalam satu ukuran agar semuanya dapat matang bersamaan.
  • Potong-potong daging seukuran sekali gigit atau sesuai arahan resep. Ada baiknya juga kalau daging dibekukan selama 20 menit di freezer agar nanti lebih mudah dipotong.
  • Gunakan nasi pera untuk berbagai resep nasi goreng.

4. Terapkan urutan memasak yang benar

Setelah semua siap untuk ditumis, maka jangan semua bahan kita langsung masak bersamaan. Ternyata ada urutan yang harus diperhatikan agar bahan-bahan dapat matang secara merata. Ini dikarenakan setiap bahan memiliki ketebalan serta waktu matang yang berbeda-beda. Simak beberapa tips berikut untuk lebih jelasnya:

  • Masukkan daging terlebih dahulu sebelum sayuran.
  • Tambahkan bumbu aromatik hanya di saat terakhir saja dan masak hingga harum.
  • Tuangkan saus di bagian pertengahan memasak lalu aduk-aduk. Pastikan agar semua bahan tercampur rata dengan saus.
  • Jangan diamkan masakan begitu saja ketika proses memasak berlangsung. Gunakan spatula atau bolak-balikkan wajan agar semua bumbu tercampur rata.

Demikian beberapa tips singkat dari Chef untuk urusan masakan tumis kali ini. Semoga tips-tips ini bisa membuatmu bersemangat untuk memasak lebih sering lagi di dapur. Dengan memasak sendiri, jam terbang semakin bertambah dan kita akan semakin tertarik mencoba hal-hal baru lainnya!

Butuh beberapa ide resep tumisan? Ayo coba resep Tumis Buncis Telur, Tumis Kangkung Tahu Campur, Tumis Buncis Tahu Tempe, ataupun Tumis Pindang Asam Manis.

The post 4 Cara Jitu untuk Masakan Tumis Anti Gagal appeared first on Masak Apa Hari Ini?.

Source link

Leave A Reply

Your email address will not be published.